5. Senjata Angin Jenis Pre-Charged Pneumatic (PCP)




Sesuai namanya Pre-Charged Pneumatic, senjata angin ini menggunakan energi yang bersumber dari udara (gas yang kita hirup sehari-hari yang terdiri dari berbagai macam gas bukan O2 murni) yang sudah dimampatkan terlebih dahulu ke dalam tabung yang biasanya sudah terintegrasi dengan senjata (senapan maupun pistol) dan ditujukan agar bisa digunakan untuk beberapa kali penembakan. Berbeda dengan jenis pompa yang harus dipompa untuk setiap tembakan, PCP di pompa untuk beberapa kali tembakan. Karena ditujukan untuk beberapa kali penembakan maka udara dikompresikan pada tekanan yang tinggi, umumnya antara 1000 - 3000 psi.

Untuk mengisikan udara bertekanan tinggi kedalam tabung senjata angin bisa dilakukan dengan menggunakan :
(1) Pompa tangan manual yang dibuat khusus untuk menghasilkan tekanan tinggi, biasanya dibuat oleh produsen PCP sebagai pelengkap (contoh: Gehmann Pump), namun ada juga pompa yang dibuat terintegrasi dengan senapan angin PCP (contoh: senapan angin gejluk).

Senapan Gejluk, dipompa dengan cara  'meng-gejluk-kan' senapan
sambil menginjak lengan tuas pompa (ujung depan senapan) .

Hill PCP Pump
(2) Kompresor Udara bertenaga listrik atau BBM, biasanya menggunakan kompresor untuk pengisian tangki/tabung selam karena mampu menghasilkan tekanan 4800 - 5000 psi. Jadi tidak masuk akal jika ada orang yang mengatakan PCP bisa diisi-ulang dengan kompresor ban mobil hingga tekanan maksimal karena kemampuan kompresor ban mobil maksimal tidak akan lebih dari 100-200 psi (contoh bisa dilihat disini).
(3) Tabung cadangan, biasanya menggunakan tabung scuba kecil/sedang yang telah terisi penuh atau masih memiliki tekanan lebih tinggi dari tekanan pada PCP. Transfer dilakukan dengan mengalirkan udara melalui selang khusus yang sebaiknya memiliki regulator dan gauge tekanan untuk menghindari pengisian yang berlebihan. Biasanya para pemilik PCP memilih membawa serta tabung ini untuk dibawa ke lapangan atau tempat latihan.

Kelebihan:
(a) Kemampuan beberapa kali menembak dalam satu kali pengisian udara.
(b) PCP adalah senjata angin yang mampu menghasilkan energi paling kuat diantara jenis lainnya, sehingga banyak digunakan untuk proyektil kaliber besar (.308, .32, .405, .45 bahkan .50) sementara jenis pegas dan multi pump biasanya digunakan untuk kaliber .177, .20, .22 dan .25 dan jenis lainnya sepengetahuan penulis hanya digunakan untuk kaliber .177 saja. Contoh penggunaan bigbore (kaliber besar) PCP antara lain Barnes Pneumatic ArmsQuackenbush Airguns, dan Sam Yang.

Sam Yang Claw Dragon kaliber .50

(c) Untuk PCP yang dibuat sesuai standar keamanan terutama bagian tabung dan katup nya, akan cukup aman disimpan lama dalam kondisi tabung terisi penuh dalam waktu lama dan suhu terjaga tanpa kehilangan tekanan dan siap digunakan kapan saja (tanpa terkokang dan berpeluru tentunya).

Kekurangan:
(a) Pengisian sumber energi tidak semudah jenis lain, jika diisi secara manual akan cukup menguras tenaga atau harus bolak balik ke tempat isi ulang yang belum tentu terdapat di setiap kota sehingga jika ingin membeli PCP harus dipikirkan juga strategi isi ulangnya.

Tabung selam, alternatif refill PCP


berikutnya: Jenis CO2

11 komentar:

  1. terima kasih bos informasinya.. mantab... jual senapan angin online terpercaya garansi 100% uang kembali

    BalasHapus
  2. Agan2 sekalian, salam hormat. Sy mo cari regulator gas utk senapan Pcp merk Hunting Master K450. Semalam retak/pecah krn jatuh. Kl ada yg punya/jual sy mo beli. Tks gan....

    BalasHapus
  3. maff gan mw tanya . apakah pcp bisa pake udara nitrogen ya . mohon penjelasan nya

    BalasHapus
  4. Bisa saja tapi sebaiknya jangan, karena:
    - Dari sisi pembuat senapan pcp, seal udara hanya didesain dan ditest dengan udara biasa, jadi pabrikan biasanya melarang penggunaan gas lain selain udara biasa.
    - Gas nitrogen biasanya disimpan dalam container 6000 psi jauh diatas umumnya tekanan untuk pcp, anda harus pastikan selang pengisian dan regulatornya bisa handle tekanan tersebut, dan transfer gas jangan terlalu cepat untuk menghindari panas yang berlebihan.
    -dari sisi performance senapan, tidak ada bedanya dengan udara biasa jadi sebaiknya pertimbangkan lagi resikonya.

    BalasHapus
  5. ulasannya sangat membantu untuk pemula dan siapapun yang ingin paham tentang dunia senapan angin. Mantab sekali,jaya selalu yang memiliki website ini. salam satu laras para penghobi senapan angin, jika berkenan bisa kunjugi juga website kami di http://www.delta3.co.id
    gunakan senapan angin dengan bijak dan utamakan untuk mengikuti ajang perlombaan menembak target.

    BalasHapus
  6. jika di isi dg nitrogen berapa ukuranya yg di isikan maximalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak pernah coba pakai nitrogen, tapi secara teori tidak ada bedanya dengan pengisian udara yaitu tidak boleh melebihi spesifikasi tabung & senapan.
      Jika tetap mau mencoba denga nitrogen, saya sarankan percobaan bertahap, mulai dari 30% hingga 90% dari rating tabung dan jangan lupakan prosedur safety lainnya.

      Hapus
  7. maaf gan mw tanya kalau snapan pcp d isi dgn gas argon bisa ato tdk gan...

    BalasHapus

"Seluruh isi tulisan blog ini boleh dipakai dan disebarluaskan dengan mencantumkan sumbernya".
"Gambar-gambar pada blog bukan milik penulis (kecuali dicantumkan), didapatkan dari hasil googling dan hanya berfungsi sebagai ilustrasi isi tulisan. Jika ada yang berkeberatan, silahkan berikan komentar".