3. Senjata Angin Jenis Multi Pump Pneumatic


Tentang Senjata Angin Pneumatic :
"Senjata angin pneumatic adalah senjata angin yang menggunakan udara yang sudah dimampatkan terlebih dahulu pada sebuah tabung, artinya pemampatan udara dilakukan sebelum menarik picu".


Pada pneumatic multi-pump, udara pada tabung dikompresi dengan pompa tangan yang terpasang permanen pada senapan. Udara yang sudah dimampatkan tadi digunakan hanya untuk sekali tembak saja, sehingga setiap selesai menembak harus memompakan udara lagi untuk tembakan berikutnya. Kita dapat mengatur energi yang dihasilkan dengan mengatur jumlah memompa sesuai dengan kebutuhan, misal untuk menembak target kertas jarak 10 meter kita kita cukup pompa 1-2 kali, untuk jarak 20 meter bisa dengan 3-5 kali pompa. Jumlah memompa tadi tentunya tergantung merk, tipe dan kondisi dari senapan. Senapan angin multi-pump dengan kualitas tinggi dapat mencapai velocity 1000 feet per second (300 m/s) dan menghasilkan muzzle energi melebihi 30 foot-pound force (41 J).

Senjata angin jenis ini termasuk senjata angin dengan harga paling terjangkau, dan mungkin senjata angin paling dikenal di Indonesia. Terutama dengan banyaknya merk lokal di pasaran.

contoh: Crosman 760 Pump master Variable Pump BB Repeater/Single Shot Pellet Rifle

Kelebihan:
(a) Energi yang dihasilkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
(b) Harga lebih terjangkau.

Kekurangan:
(a) Diperlukan beberapa kali pompa untuk satu tembakan.


Tuas Pompa
Pada senjata angin tipe ini yang biasa kita temui, tuas pompa berada didesain untuk diayunkan ke arah bawah laras ketika dipompa. Namun adapula tuas yang didesain untuk diayunkan ke arah samping laras, pada desain ini biasanya tuas dibuat ramping biasa disebut "pompa samping".

pompa bawah
pompa samping

Modifikasi Tuas Pompa
Seperti diketahui pada senjata angin multi pump, tenaga yang diperlukan untuk setiap pompa akan semakin meningkat seiring naiknya tekanan udara pada tabung. Tenaga untuk pompa pertama lebih sedikit dibandingkan pompa kedua, dst. Untuk mengatasi hal itu Bob Moss (Amerika Serikat) mengembangkan modifikasi tuas pompa yang dinamakan 'Pump Assist'. Modifikasi ini berupa penambahan tuas perantara sebagai penambah kekuatan pompa diantara tuas pompa dengan lengan pendorong katup pompa. Dengan modifikasi ini setiap kali pompa akan membutuhkan tenaga yang hampir sama (sekitar 6kg / 12lbs) berapapun tekanan pada tabung.

Pump Assist

Varian Multi Pump
Ada sebuah varian dari senapan angin multi pump yang menarik karena desain pompa dan sistem penyimpanan serta pelepasan tekanan udara yang unik. Senapan ini bernama ANA Quigley Multi Pump, dibuat oleh Al Nibecker dari Hawaii dengan menggabungkan konsep Pegas Gas dan Multi Pump.


Tabung udara berada di tuas pompa bukan pada breech senapan dan terbagi menjadi dua ruang, dipisahkan oleh satu set piston. Ruang udara pertama disebut ruang tembak (firing chamber) , akan berisi udara untuk disalurkan ke laras, ruang kedua disebut ruang pegas udara (airspring chamber) dengan diameter yang lebih kecil dari ruang tembak, akan berisi udara yang akan menekan piston dan memampatkan ruang tembak.

Cara kerjanya adalah dari kondisi kosong senapan ini perlu dipompa sebanyak 60-70 kali memampatkan udara ke dalam ruang pegas udara hingga tekanan tertentu, selanjutnya sisa udara dimampatkan ke ruang tembak, karena diameter yang lebih besar maka tekanan pada ruang ini akan menggeser posisi piston menekan ruang pegas udara hingga tekanan seimbang. Ketika senapan ditembakkan, udara dari ruang tembak segera mengalir ke laras, disini udara mengalir disebabkan dua kekuatan, yaitu kekuatan tekanan udara pada ruang tembak (konsep multipump) dan segera disusul kekuatan kedua yaitu gerakan piston yang menekan ruang tembak karena tekanan ruang pegas lebih besar (konsep pegas gas). Selanjutnya dibutuhkan minimal satu kali pompa untuk setiap tembakan untuk mengisi tekanan pada ruang tembak saja.

Review lengkap ada di http://www.americanairgunhunter.com/quigley.html
Sebelumnya penulis masih sempat bisa mengakses website resmi Ana Arms ( www.ana-arms.com ) berisi desain dan keterangan lengkap mengenai senapan ini, sayang website tersebut sudah tidak bisa diakses lagi.


berikutnya: Jenis Single Pump Pneumatic
sebelumnya: Jenis Piston Pegas Gas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Seluruh isi tulisan blog ini boleh dipakai dan disebarluaskan dengan mencantumkan sumbernya".
"Gambar-gambar pada blog bukan milik penulis (kecuali dicantumkan), didapatkan dari hasil googling dan hanya berfungsi sebagai ilustrasi isi tulisan. Jika ada yang berkeberatan, silahkan berikan komentar".