5. Senjata Angin Jenis Pre-Charged Pneumatic (PCP)




Sesuai namanya Pre-Charged Pneumatic, senjata angin ini menggunakan energi yang bersumber dari udara (gas yang kita hirup sehari-hari yang terdiri dari berbagai macam gas bukan O2 murni) yang sudah dimampatkan terlebih dahulu ke dalam tabung yang biasanya sudah terintegrasi dengan senjata (senapan maupun pistol) dan ditujukan agar bisa digunakan untuk beberapa kali penembakan. Berbeda dengan jenis pompa yang harus dipompa untuk setiap tembakan, PCP di pompa untuk beberapa kali tembakan. Karena ditujukan untuk beberapa kali penembakan maka udara dikompresikan pada tekanan yang tinggi, umumnya antara 1000 - 3000 psi.

Untuk mengisikan udara bertekanan tinggi kedalam tabung senjata angin bisa dilakukan dengan menggunakan :
(1) Pompa tangan manual yang dibuat khusus untuk menghasilkan tekanan tinggi, biasanya dibuat oleh produsen PCP sebagai pelengkap (contoh: Gehmann Pump), namun ada juga pompa yang dibuat terintegrasi dengan senapan angin PCP (contoh: senapan angin gejluk).

Senapan Gejluk, dipompa dengan cara  'meng-gejluk-kan' senapan
sambil menginjak lengan tuas pompa (ujung depan senapan) .

Hill PCP Pump
(2) Kompresor Udara bertenaga listrik atau BBM, biasanya menggunakan kompresor untuk pengisian tangki/tabung selam karena mampu menghasilkan tekanan 4800 - 5000 psi. Jadi tidak masuk akal jika ada orang yang mengatakan PCP bisa diisi-ulang dengan kompresor ban mobil hingga tekanan maksimal karena kemampuan kompresor ban mobil maksimal tidak akan lebih dari 100-200 psi (contoh bisa dilihat disini).
(3) Tabung cadangan, biasanya menggunakan tabung scuba kecil/sedang yang telah terisi penuh atau masih memiliki tekanan lebih tinggi dari tekanan pada PCP. Transfer dilakukan dengan mengalirkan udara melalui selang khusus yang sebaiknya memiliki regulator dan gauge tekanan untuk menghindari pengisian yang berlebihan. Biasanya para pemilik PCP memilih membawa serta tabung ini untuk dibawa ke lapangan atau tempat latihan.

Kelebihan:
(a) Kemampuan beberapa kali menembak dalam satu kali pengisian udara.
(b) PCP adalah senjata angin yang mampu menghasilkan energi paling kuat diantara jenis lainnya, sehingga banyak digunakan untuk proyektil kaliber besar (.308, .32, .405, .45 bahkan .50) sementara jenis pegas dan multi pump biasanya digunakan untuk kaliber .177, .20, .22 dan .25 dan jenis lainnya sepengetahuan penulis hanya digunakan untuk kaliber .177 saja. Contoh penggunaan bigbore (kaliber besar) PCP antara lain Barnes Pneumatic ArmsQuackenbush Airguns, dan Sam Yang.

Sam Yang Claw Dragon kaliber .50

(c) Untuk PCP yang dibuat sesuai standar keamanan terutama bagian tabung dan katup nya, akan cukup aman disimpan lama dalam kondisi tabung terisi penuh dalam waktu lama dan suhu terjaga tanpa kehilangan tekanan dan siap digunakan kapan saja (tanpa terkokang dan berpeluru tentunya).

Kekurangan:
(a) Pengisian sumber energi tidak semudah jenis lain, jika diisi secara manual akan cukup menguras tenaga atau harus bolak balik ke tempat isi ulang yang belum tentu terdapat di setiap kota sehingga jika ingin membeli PCP harus dipikirkan juga strategi isi ulangnya.

Tabung selam, alternatif refill PCP


berikutnya: Jenis CO2

4 komentar:

  1. terima kasih bos informasinya.. mantab... jual senapan angin online terpercaya garansi 100% uang kembali

    BalasHapus
  2. Berburu adalah hobby bagi sebagian orang, bahkan sampai ada yang menjadikannya sebagai mata pencaharian. Ketika berburu, orang pasti membutuhkan senapan sebagai alat. Terlebih lagi di zaman yang serba modern ini. Alat berburu menjadi sesuatu yang penting dalam rangka untuk menghemat waktu dan mempermudah kegiatan berburu. Untuk melayani kebutuhan para pecinta berburu, pabrik senapan memproduksi bermacam-macam senapan. Mulai dari yang kualitas lokal hingga kualitas import. Sedang untuk memperlancar proses distribusi senapan sekaligus aksesorisnya, dibangunlah toko-toko senapan di berbagai daerah.
    Jika anda hendak mencari toko yang menjual senapan angin , pastikan anda mengetahui toko senapan terdekat. Hal ini bertujuan agar anda tidak menghabiskan banyak uang dan tenaga ketika harus membeli di tempat yang cukup jauh. Toko-toko senapan yang dimaksud menyediakan berbagai produk senapan yang anda butuhkan. Jika stok habis pun anda bisa memesan di toko tersebut. Karena salah satu tujuan dibangunnya toko senapan di berbagai daerah adalah untuk memudahkan konsumen dalam mencari produk senapan yang diinginkan.


    Jual Senapan Angin Murah
    Senapan Angin Mini

    Senapan jenis ini adalah senapan yang ukurannya relatif kecil. Senapan ini memiliki berat 3 kg sehingga tidak begitu berat dan mudah dibawa. Panjang senapan 40 cm dengan bahan slombong yang terbuat dari kuningan asli. Popornya terbuat dari kayu Mahoni. Senapan jenis ini dapat dipompa dengan maksimal pompa kurang lebih 20 kali untuk penggunaan sekali tembak. Jarak tembak yang bisa ditempuh adalah 10 meter. Untuk mendapatkan senapan jenis ini, anda hanya cukup mengeluarkan uang sebanyak kurang lebih Rp. 400.000 rupiah.


    Senapan Angin River Mini

    Senapan jenis ini juga merupakan senapan yang ukurannya relatif kecil. Panjang senapan ini adalah 40 cm. larasnya terbuat dari bahan kuningan dengan od 22. Senapan jenis ini dapat dipompa maksimal hingga 10 kali. Jarak tempuh tembakan antara 15 hingga 30 meter. Senapan ini memiliki alur 12 dan kaliber 4,5 mm. kelebihan dari senapan jenis ini adalah dilengkapi pula dengan dudukan teleskop, drat peredam dan pelindung picu. Harganya cukup murah, berkisar Rp. 450.000 rupiah.
    Demikian beberapa senapan murah yang bisa anda beli. Walaupun ukurannya relatif kecil dan harganya murah dibandingkan senapan yang lain, namun senapan di atas juga memiliki kelebihan tersendiri dan peminatnya pun juga banyak.
    Jika Anda Tertarik ingin membeli Produk salah satu produk diatas atau ingin melihat lihat koleksi senapan angin Anda bisa menghubungi kami melalu kontak dibawah ini
    Website : https://www.senapanangin.co.id/
    PINBBM : 2BE5DE50
    Telp : 0852-3010-2223

    BalasHapus

"Seluruh isi tulisan blog ini boleh dipakai dan disebarluaskan dengan mencantumkan sumbernya".
"Gambar-gambar pada blog bukan milik penulis (kecuali dicantumkan), didapatkan dari hasil googling dan hanya berfungsi sebagai ilustrasi isi tulisan. Jika ada yang berkeberatan, silahkan berikan komentar".